Penulis : Zudasioko
PENDAHULUAN
Sejarah
merupakan siklus yang selalu hadir dan ada dalam kehidupan di dunia ini,Catatan
lewat Tulisan,Benda dan tutur tentang masa lalu sangat banyak dan kompleks bahkan mengandung
misteri untuk di urai secara mendetail.Garis lintas dalam mengungkap sejarah
membuat kita berdebat satu sama lain hingga pembuktianlah yang mengungkap
kenyataan.Sejarah Dunia berasal dari keberagaman sejarah lokal namun kebesaran
suatu peradaban membuat kita terhenti untuk mengungkap peradaban minoritas
walau itu minoritas kadang lebih tua peradabannya dari mayoritas.
Mengungkap
kehidupan manusia masa lalu dengan siklus yang terjadi menapak dalam beberapa tempat dan
wilayah,Salah satu wilayah itu adalah sebuah Kecamatan yang bernama Bontotiro
dengan ibukota -nya Hila-Hila masuk dalam kabupaten Bulukumba Propinsi Sul-Sel.
Kecamatan
ini adalah gabungan 2 ( dua ) Distrik yaitu Distrik Tiro dan Distrik
Batang-Bontotanga hingga menjadi Bontotiro.Tidak bisa di pungkiri bahwa Tiro
identik dengan penyiaran Agama Islam di Sul-Sel dengan Dato Ri Tironya. Jauh
sebelum cerita pengislaman itu, di Tiro telah ada Suatu Kerajaan dengan tatanan budaya/tradisi tersendiri.
Banyak yang mengenal dan melakukan penelitian masalah Tiro
hanya karena Masuknya Agama Islam di Sul-Sel,yang di lakukan oleh Maula Abdul
Jawad Khatib Bungsu Dato Ri Tiro, namun tidak ada yang pernah menggali
Sejarah sebelum kedatangan Dato Ri Tiro. Hal ini membuat Saya berinisiatif tuk
menggali dan mencari informasi,Tiro adalah sebuah Kerajaan kecil
yang sekarang masuk dalam wilayah Kecamatan Bontotiro Kab. Bulukumba.Jauh
sebelum Islam masuk di Kerajaan Tiro sudah ada struktur pemerintahan yang
teratur.
Tiro adalah suatu wilayah di Bagian
Timur Bulukumba pernah berdiri suatu kerajaan dengan tata
pemerintahan yang baik. Jauh sebelum gelar Karaeng dipakai untuk Raja maka
telah ada Puluhan orang/Raja yang
memerintah dengan gelar jabatan I TOA.
Sejarah untuk Tiro amat banyak untuk di teliti yang saya bagi dalam 4 ( Empat ) bagian yaitu
:
1.
Tiro Kuno
2.
Tiro Setelah di taklukan oleh Kerajaan Gowa
3.
Tiro Saat dan setelah Islam oleh Dato ri Tiro
4.
Tiro setelah Perang Gowa-Bone
TIRO KUNO
ASAL USUL TIRO.
Tiro berasal dari kosa kata Bahasa hingga menjadi wilayah /
tempat. Jika Tiro ditempatkan dalam Bahasa ( Kata / Kalimat ) maka
maknanya dalam Bahasa Konjo adalah memandang sesuatu yang baik/indah ( suri teladan ).di pandang dari segi tempat maka tiro
adalah puncak yang tinggi tinggi.Tapi apapun itu yang pasti , Tiro dikenal sebagai Kerajaan kecil dengan Struktur
pemerintahan tersendiri. Saat ini Tiro masuk dalam wilayah Kecamatan Bontotiro
Kabupaten Bulukumba. Sebelum ada struktur pemerintahan yang mapan dan Tiro
belum dikenal sebagai Kerajaan , maka Daerah itu terbagi dalam beberapa
wilayah kecil berbentuk Dusun yang di perintah oleh seseorang dengan gelar Barumbung semacam Kepala Suku ( Nama-nama
orang yang pernah menjadi Barumbung dan tempat yang di perintahnya tidak di
tulis dalam Lontara ). Yang ada hanya keadaan secara umum dimana setiap barumbung mempunyai otonomi penuh atas wilayahnya masing - masing. Tali
persaudaraan antara barumbung terjalin sangat mapan hingga tidak pernah terjadi pertumpahan darah
antara mereka.
Pada Suatu masa, musim kemarau panjang melanda wilayah tersebut, Para barumbung berembuk untuk keluar
dari masalah tersebut. Para dukun ( sanro ) dan Paranormal ( Panrita )
dikumpulkan namun tidak ada yang mampu menangani masalah tersebut.Keadaan
ini berlangsung cukup lama hingga datang TAU LANGI’ ( Orang dari
Langit ). Konon kedatangan Tau Langi'..... terlebih dahulu
terdengar gelegar Petir di siang hari yang terik saat itu tanah bergetar
seperti terjadi Gempa, kemudian datanglah Pelangi dimana pada ujung Pelangi
tersebut terbersit cahaya yang terang. ujung pelangi yang memancarkan
cahaya putih tersebut diatas bukit yang cukup tinggi dan ujung satunya
sampai ke suatu wilayah yang di sebut Kajang sekarang. Orang-orang geger
karena tiada hujan kenapa ada pelangi di siang nan terik Kepala Suku dan
penduduknya berlari ke atas bukit tersebut, mereka kaget tatkala melihat
ada lelaki yang duduk diatas batu ( Tempat duduk tersebut di jadikan PALLANTIKANG tempat melantik Karaeng /
Raja di Tiro ) seluruh badan lelaki itu memancarkan
cahaya.kemudian terjadilah percakapan antara Orang yang memancarkan cahaya
tersebut dengan kepala suku di saksikan oleh penduduk yang hadir di
tempat itu :
BARUMBUNG : “ Anda siapa, Darimana dan sedang apa
disini ?“
TAU LANGI'
: “ Namaku I Toa Buru’ne , asalku
dari langit “.
BARUMBUNG : “ Sedang Apa disini dan mau kemana ? “
I TOA
: “ aku sedang menunggu istriku I HULAENG MAPUTE dari Possi Tanah itu (
sambil menunjuk sebuah lobang yang amat dalam di dekatnya. Lobang ini
dikenal dengan nama Possi Tana ) dan Tiro i
( melihat dari jauh ) adik perempuanku diseberang sana … Kamase mase kodong ( adik perempuannya yang bernama Kamase-mase tersebut ternyata muncul di seberang sana yang saat ini dikenal dengan nama KAJANG ).
Tidak lama kemudian muncullah perempuan cantik dari possi tana yang merupakan istri I TOA BURU’NE Perempuan itu
Bernama HULAENG MAPUTE ( Hulaeng = Bercahaya seperti Emas tapi ada juga yang
mengatakan bahwa badannya penuh dengan Emas, Mapute = Kulitnya putih ) yang di
beri gelar oleh orang Tiro “ BUNGA BIRAENG NA POSSITANA.”
BARUMBUNG : “ Jika betul anda dari langit…tolong
turunkan hujan di wilayah ini “
I
TOA
: “ Aku tidak bisa berkata pasti,tapi…aku
akan berusaha…..dan jika aku mampu menurunkan hujan apa balasan kalian..? “
Para Kepala suku
berembuk….tidak lama kemudian akhirnya mereka mengeluarkan keputusan
BARUMBUNG : “ Jika kau mampu menurunkan hujan …maka
kami akan mengangkatmu sebagai Raja kami “
I TOA
: “ Baiklah….tapi ada syaratnya ..”
BARUMBUNG : “ Apa Itu…? “
I
TOA : “ Kalian harus menyiapkan kerbau yang
paling gemuk tanpa cacat dengan tanduk yang melingkar panjang…serta
kumpulkanlah rakyatmu dengan membawa alat makan,alat pertanian dan
gendang batu.”
Gambar
Pallantikang Tampak Samping
PASANG NA I TOA BURU’NE A’TIRO RI LINO
Tallu
a’se’re,……As Se’re i tallu
Punna
lampai tallu …..paantangi tallu
Se’re
parenta,….se’re panggaukang ……sikali na tojeng
Tallu
asse’re battu ri tallu pang sulukang ri
se’rea tampa’
Tala
maeng ki rie… mingka rie memang ki…sabuttullu na nu anre.
Haji
kang nga ji lino an salaiko mingka ako
ni sala I ri lino tamma lino.
Tallu
passala’ pam mentengang ri linoa
Pa
ka tau I Pau-paunnu,….pa ka linoi pang gau kannu,……pa ka lino tamma lino I katallasannu……
Punna
nu ussei tallua…. pas sere I ri tampa’na
Hoja
I ri kalennu…. ako hoja I ri paran nu
tau
Punna
tau ko….. pi isseki nu tanna Jappu a
Lino a.
Punna
nu jappu i……. Pa ka tau I… lino na lino tamma lino nu
Labbiri
ri lino na sannang ko ri lino tamma lino.
Naha-naha
ri panggaukang…..pasi poto’ I ri se’re adahang.
paka
la’biri i tau ma linoa……paka singarai sassang ri puntanaya
Ako
a’ rampe I gau’ nu lalloa……
ako
pau’I nu tala nu utte a ri mata karra sa’nu.
Abicara
ko ri kaleng nu….ang gaukang ko ri lino nu
Sessa
ri ati terasa…sannang ri ati lamma
pinahangngi
ati pattantu na tau a
Kale
inni alloa na pa’nassai sallo’ kalenna ri pa bojan na
Pi
lang ngeri pasang ma’ lino ku….. punna na rapi hattunna :
Allayang
mi pattong ko na ganrang pa’pikatu a
Punna
tala am bua’ mi tara uheya ri possi tana,ta’ timbaji mingka na tongko kalen na
mi possi tannaya….
Karaeng
am bai barumbung,Ata a’balla’ bulaeng
Karaeng
si sa’la pa’ kantiang ngang,Ata ang nganre ri panne bulaeng
Karaeng
a’gau ata,ata a’gau tamma karaeng
Karaeng
belo-belo a’lino ata ri lino tamma lino
a
La
rie sallo pa’biritta pangu’rangi ri tau ma nassa ya tau
La
ri e sallo’ hattunna :
tala bija mi taua…….
tala
a’kampong mi patanna kampong…..
tala
angngitte mi ri allona……
belo
na lino ni haju bija,puntana ni haju karaeng,
kahaji
kang a’jari kodi na ka kodian a’jari haji’…….
Si
paka tau ri kale si kanre ri rara
Bahine
a’nang kala buru’ne a’pallu
Sannang
ri tallasa ru’ru su ri pa’mai
Ana’a’jari karaeng
toa a’jari ata
Tang
ku minasa ming ka ku’ pasang :
Larappai
kampong nga ri tau tamma tau
Lam
bua’ I puang sembo
La
pun tana I pa’biritta lamung lamung lan ri anre na
Pasang
matappa belo-belo ma’nassa.
Tau
tamma lino a’Gau, Tau ma’lino ri lino tamma lino ampi nahang ngi ri sassang
Puntanna
garring tala a’lipa…..ti re re ri buhung pa’pi katu
Katallasang
ma nassa na lino tamma lino
lani
lama’ mami puntanaya
allo
na bang ngi’ a’kambara mi tamma le’leng ri ka le’lengang tamma pute ri ka pute ang……
bosi
ri tamparang…..parallo ri puntana
pasang
ku ma’ linoa
pau-paung
ku ri pattiroang :
La
minroi panrita pa’pikatu tala make ganrang batu
Lam
bua’ I panrita lamung lamung tala make takkang anrong batara
La’
pasimbai panrita possi tanaya talia ri pattiroang
Tau
a’kale asang ma’ lino ri ata na karaeng
Lang
pue I Tiro ri I PUANG TOA na I PUANG TOA na I PUANG TOA na I PUANG
TOA
Kale
ma’ nassa kale tala tau…
Nyaha
ma’ nassa kale tala pi tau.
Tau
ri butta Tiro,Nyaha ri Butta Kamase masea
A’nyaha
I Tiro…A’ pi taui kamase-masea
Silabbiri
ri pa’ linoang….si panrita ri lino tamma lino
U’rangi
pau-paungku..
Inai
am pasi sa’la I Tiro na Ka mase masea
Hassung
ri lino…..tala jannang ri lino tamma lino
punna
jari pasang ku
punna
rie’ ja tau malino ri lino tamma linoa
lamminroi
pattongkona batu ganrang nga na tajang ngi ri batu ganrang berua….
Hojai
ri possi tana ma’bi caraya….
Lamung-lamung
ma’ kampong ….pa’biritta lamung-lamung a’tinro…
kata
–kata diatas adalah Pesan dari I TOA
BURU’NE TO MANURUNG RI PATTIROANG yang
diambil dari LONTARA PATTIROANG yang di pegang oleh alm. Bapak ANDI BANGUNG
DM yang di SALIN oleh OPU KONJO.
OK. 14081990
Gambar
Possi Tanaya Tampak Dari Atas.
PA’PI KATU HULAENG MA PUTE
TAU POSSI TANAYA.
Rie lino ri lalang na lino a
Batu ngase ki ri lino tamma linoa
Ku pi assai pa’linoang nga ri kalen na lino…
Katallasang linoa….Belo belo pa’ngitte ri ati ma’ linoa
Punna nu pa’nassai belo-belo na lino……sessako
Ka cila kang bakka ri tallasanna tau tamang ngusse a I
sa bu’tulu’na kajan nang ngang nga…
Pa’ tau ri lino….kata’pang kang ri lino tamma linoa
Ma ku ta’ nang ri para tu tala ngis se
Pa dong ko’ ri ati majan nang…..
Simbo leng ngi
ri pa’ mai’ uri-uri nu….
Pa’ nas sai….antere ampaka sannang ko na ampaka jan nangko…
Pa pi katu ku ma nakku ri ati jannang nga tal la sa’na
Gau kang ngi….nu
haji nu sa’ring, jannang ri katalassan nu….na tam ma nyusai ri tau ma’
lino a….
Ako ut tei
paran nu tau…appi lajara ko ri atinnu….ako lang nge ri bicara haji
a….appila ja ra ko ri bicara ko dia……
Tallasa’ ma jan nang ri tau tappa na a’ra a kareso….
Pa ngu’ranging
ma nassa ka lambusang pa’ mai’
ri tau ma’nassaya tau…..
Panggaukang ri lino rie ngase has se le’ na
Punna tappa ko ri se’rea jama jamang haji’….gaukang mi
Ako atta jang ngi has se le si lalong na…..
Ang ngangka’ ko
bara api……Ang ngang kang so’na……..Ang
mi’nyak ki tallasa.
Bicara ko ri pa’mai…..a gio ko ri ka lambusang….tau ko ri anrong ma’tau a….
Tam pa na pasang ku … rie ri lino…...
Paka lambu sui
nanu pa minasai ri atin nu….
Paka ci’nongi….
nu a’tete ri ati tamma gen ray a
ma’mole ko ri
pau2 ka labbirang….
Ati tama sessa’ nyaha jannang ri kasannang ngang….
esalai pau-pau kodi ya…pi kambu I ati mappi katu nu
pi re’mu ki tanja ma’minasa nu…….pi belo-beloi gau’
tallasanu……
ako sas sa li talla sa ya….a’lino ko ri lino tamma
lino a…..
Kata-kata di atas diambil
dari Pa’pi katu HULAENG MA PUTE BUNGA BIRAENG BATTU RI
POSSI TANAYA ( Istri dari I TOA BURU’NE ) dalam LONTARA PATTIROANG yang
di pegang oleh Alm.Bapak ANDI BANGUNG DM dan di salin oleh OPU KONJO.
Asal Mula Batu Ganrang
Demi menurunkan
hujan maka Para Barumbung ( kepala suku ) dan rakyat bahu membahu tuk menyiapkan persyaratn dari I Toa.setelah di adakan pengecekan ternyata ada satu benda yang tidak ada di wilayah itu…mereka lalu
mencari gendang dari batu tapi usaha mereka ternyata sia-sia,Lalu di utuslah satu orang Barumbung untuk
menyampaikan masalah itu kepada I Toa....
BARUMBUNG : “ Di antara persyaratan itu hanya satu yang tidak mampu kami bawakan…
yaitu gendang dari batu ”
I
TOA
: “ Kalo begitu,biarlah aku yang akan mengusahakan gendang batu tersebut …aku akan bersemedi untuk meminta kepada penguasa langit agar
menurunkan gendang batu yang ada di langit ”
Akhirnya Barumbung yang menjadi utusan pulang dan menyampaikan kepada para Barumbung
/ kepala suku lainnya. Mereka melakukan pembagian tugas pengadaan alat atau barang sebagai persyaratan
untuk mengadakan upacara minta hujan .di samping itu para Kepala
Suku memerintahkan semua rakyat di wilayahnya masing-masing agar
datang ke Tempat I Toa ke esokan harinya dengan membawa peralatan makan atau
alat pertanian.Kerbau yang di inginkan oleh I TOA BURU’NE telah di
dapatkan . Malam harinya I TOA akhirnya bersemedi…dalam semedinya beliau
diberi petunjuk bahwa gendang tersebut bisa di turunkan dari langit tapi harus di letakkan di wilayah yang bisa menghubungkan Tiro dan Kajang..... ( dalam bahasa konjo SALU ri Tiro SALU ri
KAJANG artinya terdengar ke TIRO dan ke
KAJANG atau di dengar oleh orang-orang di wilayah I Toa & I Kamase masea )…….Karena I Toa yang minta maka gendang batu tersebut jatuh di Wilayah kekuasaan I TOA .Gendang tersebut akhirnya jatuh di
suatu tempat yang di beri nama Salu-Salu sampai sekarang ( Wilayah Gendang Batu tersebut sekarang masuk ke
dalam wilayah Desa DWI TIRO Kec. Bontotiro ). Turunnya gendang dari batu tersebut di iringi oleh
seorang pengiring yang akan memukul gendang tersebut.Orang yang mengiringi
gendang tersebut di beri nama Panrita Pa’Pikatu.......Keesokan harinya Para Barumbung
menghadap lagi ke I Toa :
Barumbung : “ bagaimana Toa....apakah gendang dari batu
itu telah ada ..?“
I Toa : “ kirimlah
utusanmu ke bukit yang di seberang sana ( sambil menunjuk )
Barumbung : “apakah di sana tempat gendang batu itu..?“
I Toa : “Iya,
atas kebesaran to tamma lino ( Tuhan ) maka gendang itu telah ada utuslah orangmu ke
bukit itu , utusan itu harus mambawa kain yang panjang dan lebar serta membawa
ayam. Sampaikan juga salamku kepada
panrita pa’pi katu bunyinya “ I Toa ri pa’tiroang tamma toa ri tan jatamma
labiri ri pau-pau.... tamma lolo ri panggaukang....tammma pi katu ri cappa lila
lanring na tajang na pan rita Pa’ pikatu....” ( Tua di tempat tertinggi,tapi
jangan hanya tua karena wajah sementara ucapan tidak berbobot jangan juga muda
dan gagah sehingga segala tindak tanduk di mudahkan......... tidak berucap di
lidah jika perasaan dan tindakan tidak menyatu, yang mampu menyampaikan pesan
hanya Panrita Pa’pikatu ).
Maka di utuslah
beberapa orang ke tempat Gendang batu tersebut,Ketika utusan itu akan Sampai mereka kaget karena bertemu dengan
utusan dari Kamase-mase a, akhirnya mereka bersama-sama menghadap ke tempat
gendang itu.Sesampainya di sana:
Panrita Pa’pikatu : “ Siapa Kalian ? “
Utusan : “ I Toa ri pa’tiroang tamma toa ri tan ja tamma
labiri ri pau-pau.... tamma lolo ri panggaukang....tamma pi katu ri cappa lila
lanring na tajang na pan rita Pa’ pikatu....”
Utusan
Kamase-masea : “ Kamase ma sea malolo ri
tanja.... tamma lolo ri panggaukang....tamma pi katu ri cappa lila lanring na
tajang na pan rita Pa’ pikatu....”
Panrita Pa’Pi
katu : “ Pa’pikatu ri anging pa’mai jannang ri
nyaha.....toa kamase mase a na i kamase-mase a a toa...salu papikatu naku salu
ri salu ma’salu. ( Pesan akan kusampaikan lewat angin ke semua mahluk yang
bernyawa ....I Toa dan Kamase-masea bersaudara, tidak bisa di
pisahkan.....pesan ini harus pasti dan yang mendengarkan adalah orang yang
layak / di tujukan......).
Kemudian kedua
utusan itu di perintahkan untuk membungkus gendang batu itu dengan kain yang mereka
bawa,Gendang tersebut dibungkus dengan dua warna kain yaitu putih kain utusan
dari Itoa dan hitam kain utusan dari Kamase-masea.Setelah gendang tersebut di
bungkus maka ke dua utusan itu di perintahkan untuk melakukan upacara
penyembelihan hewan tapi sebelumnya mereka harus mengelilingi gendang tersebut
sebanyak 3 ( tiga ) Kali.Darah ayam yang di korbankan di percikkan ke gendang
tersebut.
Sampai saat ini Gendang
batu tersebut masih bisa di lihat di ( Salu-Salu Desa Dwi Tiro Kec.Bontotiro
Kab.Bulukumba ),namun penutupnya sudah tidak ada....konon penutup itu hilang
dan suatu saat akan kembali. Gendang batu ini di pukul loleh Panrita Pa’pikatu memakai tangan kosong,suaranya akan terdengar
kemana saja sesuai keinginan dari Panrita Pa’pikatu.
BATU
GANRANG…..
Ganrang batu ma’sa’ra latte
Ni pa turung a’jari papikatu ri tau ma’lino nu ni kangkang nga ri tau ma’
si ana’
I PUANG TOA BURU’NE na AMMA’ TOA KAMASE MASE A
Ma’lino ko na saba tau lino a’pala’ ri ma nassaya lino
tamma lino
Ni pi nahang ri panrita pa’pikatu….Ni hasa ri rara
jangang le’leng na jangang pute
Ni kalimbu ki Lipa’ le’leng na pute
Le’leng na pute pa’ linoang
Le’leng na pute ma’ siana’ ri batang kale….si kalabbiri
ri ati…..
Latte batu ganrang ma’ pi hattu
Allo lattena I PUANG
TOA BURU’NE
Bang ngi Latte’ na AMMA’TOA KAMASE MASEA
Punna si laloi
hattunna….Possi tana pa’ la’po kan nang….
Paturung Bosi.
Keesokan harinya Kepala Suku dan
Rakyat berkumpul di Tempat I TOA,mereka membawa peralatan makan dan
pertanian serta kerbau satu ekor ……
I TOA
: “ Saat Saya bersemedi di atas batu
ini…….Tolong Kalian teteskan darah kerbau itu ke Possi Tanah dan bakar kerbau
itu asap yang di keluarkan oleh kerbau itu adalah tanda buat Panrita Pappikatu
untuk memukul gendangnya di wilayah yang ku beri nama Salu-Salu ( Salu dalam
bahasa indonesia adalah saluran ) yang berarti saluran ke I TOA dan
Saluran ke Kamase mase a ……….setelah itu kelilingilah possi tanah itu sambil
memukul alat makan dan pertanian yang kalian bawa……” ( Pembakaran
kerbau dalam bahasa konjo di sebut A’rambu tedong )
Setelah memberikan petunjuk I TOA kemudian
bersemedi,Saat I TOA bersemedi maka Kepala Suku dan Rakyatnya melakukan ritual
sesuai petunjuk I TOA……setelah kerbau di ambil darahnya untuk di teteskan
di possi tanah kemudian di bakar…saat kerbau di bakar Kepala Suku dan Rakyatnya
kaget mendengar suara gendang yang memekakkan telinga….ternyata itulah suara dari gendang batu yang di pukul oleh panrita pa’pikatu....suara gendang ini di dengar sampai ke Kajang…..Kepala Suku lalu memberi komando agar Rakyatnya mengelilingi Possi tanah
sambil memukul alat makan dan Pertanian……kira – kira tujuh putaran datanglah
mendung yang di iringi kilat dan suara petir….hujan lalu membasahi tanah…..saat
itu juga Kepala suku dan rakyatnya bersujud di hadapan
I TOA……
Kepala Suku dan Rakyatnya
:
“Mulai saat ini engkaulah junjungan Kami “
I
TOA : “ Baiklah aku terima sembahmu…..Mulai saat
ini wilayah ini ku beri nama tiro ( Panutan ) dan bukit ini ku beri nama
Pattiroang ( tempat untuk melihat atau mengintropeksi diri )….
Tempat turunnya I Toa Buru’ne di kenal dengan
Pattiroang di sana ada dua ( 2 ) Tempat yang di sakralkan yaitu Pallantikang (
Batu tempat duduknya I toa buru’ne yang kemudian berubah menjadi tempat
melantik Raja/Karaeng di Tiro ) dan Possi Tanah ( tempat keluarnya I Hulaeng Mapute ) Serta ada
juga Kuburan Raja/Karaeng Tiro Yang pertama masuk Islam yaitu Launru Daeng
Biasa.
Dalam catatan Lontara tempat ini kadang juga di
kenal dengan nama bukit kilat.hal ini disebabkan saat I Toa Buru’ne turun ke Tempat itu ada
cahaya kilat dari tempat itu serta disana
kita selalu melihat kilat saat malam hari.
Satu hal yang sangat menarik buat penulis adalah
sejajarnya 3 ( tiga ) tempat yaitu Pattiroang,Pa’Laharrang Bahia dan Batu
Ganrang.Hal ini bisa dibuktikan Jika
kita berdiri dan memandang dari
Pattiroang maka Tiga tempat yaitu
Batu ganrang,Pa’laharrang bahia dan Pattiroang
bisa kita lihat garis lurusnya,dan kemungkinan besar Possi tanah di
Kajang juga.
Anrong
Batara dan Pa’Laharrang Bahia
Setelah hujan
turun membasahi tanah di wilayah Tiro maka timbul lagi masalah karena tidak
ada bibit tanaman yang akan di
tanam......Tapi istri I TOA BURU’NE mampu memberikan jalan keluar,Karena beliau
adalah puteri TO Ma’butta Tanaya ( Orang yang hidup di alam bawah tanah ) .....
Maka di adakanlah upacara untuk mendatangkan bibit.Upacara tersebut dilakukan
sendiri oleh I HULAENG MA PUTE BUNGA BIRAENG NA POSSI TANAYA.Malam harinya I
Hulaeng mengadakan upacara saat itulah dia menerima semacam petunjuk ( Wangsit
) “ Akan ku kabulkan permintaanmu anakku....akan saya lengkapi semuanya, karena
permintaanmu sebenarnya penuh kekurangan....esok pagi saat hujan....tataplah
dari possi tana ( Nama Bukit ) di mana wilayah/ tempat terbuka yang tidak basah
oleh air hujan ”.
Demikianlah keesokan harinya hujanpun turun
dan nampaklah sebuah lembah yang tidak terlalu luas tidak basah oleh
hujan.Kemudian Itoa beserta istrinya dan rakyat mendatangi tempat/lembah
tersebut.Saat rombongan itu sampai nampaklah Orang berdiri di kelilingi oleh
Bibit jagung,bibit ketela,Babi serta peralatan makan dan perhiasan dari
emas.Orang yang berdiri tersebut adalah Panrita Lamung-Lamung. Saat bibit akan di bagikan maka diadakanlah
Upacara dengan memotong 2 ( dua ) ekor babi diatas batu berlubang.Batu
berlubang tersebut bentuknya seperti lesung,darah babi yang di tampung dalam
batu tersebut di campur dengan
Air.campuran antara darah babi dan air tersebut di percikkan ke bibit
tanaman yang akan di tanam.sementara daging babi di olah di dalam batu yang
berlubang itu menjadi suatu masakan yang di sebut LAHARA.Bibit yang telah di
ambil oleh masyarakat tersebut kemudian di tanam seperlunya dan sisanya akan di
simpang dan dijaga baik-baik. Karena bibit ini asalnya dari batara maka di
berilah nama Anrong Batara atau induk / bibit
dari batara.Bibit ini di simpan di atas loteng rumah yang setiap waktu
tertentu di beri sesajian. Sebelum pembagian bibit ada beberapa pesan yang di
sampaikan oleh Panrita lamung-lamung yaitu :
1.
Bibit ini adalah
pemberian Batara makanya jangan di sia-siakan
2.
Saat musim tanam
datang maka tidak boleh menurunkan / menanam tanpa ada perintah dari panrita
lamung-lamung.
3.
babi yang
mengganggu tanaman tidak boleh di bunuh selama itu masih wajar,tapi jika itu
berlebihan berarti ada pantangan / aturan yang dilanggar....apakah itu dilakukan oleh pemerintah atau Rakyatnya.
4.
Jika jagung
telah tumbuh subur di lahan/kebun masyarakat,maka harus diadakan 2 kali upacara
yaitu Upacara makan jagung muda ( ang ngan re lolo ) dan upacara panen ( pan
nyap pe ).
5.
Dilarang
memperjual belikan buah jagung muda karena itu saat upacara ang ngan re lolo
masyarakat yang butuh hanya minta kepada pemiliknya.
6.
Siapa yang tidak
menanam jagung di larang untuk ikut upacara ang ngang re lolo dan orang yang
tidak berhasil saat musim tanam harus melapor ke Panrita lamung-lamung.
Selanjutnya
tempat ini selalu ramai saat musim panen dan musim tanam.Tempat ini kemudian
bernama Pa’laharrang bahi a ( Tempat Memasak Babi ).Babi yang di bawah oleh
Panrita lamung-lamung di buatkan kandang di suatu lembah yaitu La Domeng. makanya
orang-orang tiro memberi Nama kepada babi yang besar dan gemuk dengan nama bahi
ladomeng. Sementara alat makan dan perhiasan yang di bawa bersama bibit tanaman
jagung oleh panrita lamung-lamung di simpang di sebuah liang di dekat tempat
Pa’laharrang bahi a . Alat makan itu di pakai oleh siapa saja masyarakat yang
akan menjamu raja.Perhiasan itu di pakai saat upacara di Pa’laharrang bahia
oleh orang yang di tunjuk oleh Panrita lamung-lamung. itulah yang di sakralkan darahnya
di ambil Raja dengan meminta kepada Anrong
batara adalah bibit yang akan di tanam namun sangat di sakralkan. Dari segi
bahasa Anrong adalah ibu/induk sedangkan Batara adalah orang langit yang sangat
di sucikan karena dia adalah penentu
kehidupan di dunia.
Gambar Pa’Laharrang Bahi a Tampak dari Atas
ANRONG BATARA. /
PA’LAharrang BAhia
Ma’kung raring tau ma’ lino
Nang mi nahang pau-pau pa’pikatu katalassang
Tinangnang ang sulu’ sa’ri
Olo’-olo’ run’resa ri bara tala ala’
Pa’pala ma’lino mange ri tala lino a.
Naku lambusi pasang ma’lino ri batu
bo’dong Anrong batara ya :
Ku pa’lino panrita lamung-lamung….
Ku pasi kambara anrong batara
Ku pi je’;neki rara na la Domeng
Ku pa’nassa a’jari tinannang ri linoa.
Anrong batara pa tinroi ri palangka
lamung-lamung
Pa’ka kasa koko pa ene I ri ranjang
palangka lamung-lamung.
Pang nganreang pa sepei ri sa’ri batu bo’dong.
Pi katui ri kalibbirang…..pi runrungi
pau-pau tamma lino
Anrong batara adalah benih
tanaman jagung.
Anrong Tau.
Kata ini
merupakan gelar sekaligus jabatan. Anrong ( Ibu ) tau ( Manusia ) namun di
tinjau dari tugasnya maka penjabarannya dari Anrong tau adalah tempat kita
mendapatkan kehidupan.
Di dalam Lontara
Pattiroang tidak di sebutkan kisah konkrit tentang Anrong Tau namun hanya
membahas bahwa jika panen rakyat tiro gagal,maka Anrong taulah tempat untuk
mengambil beras atau makanan.
KUBURAN TO TIRO ( Kuburan Orang Tiro )
Turunnya I TOA BURU’NE dan KAMASE MASE A ke bumi karena adanya pertentangan
paham antara mereka, dimana I TOA BURUNE mengatakan : Hati yang menggambarkan
dan raga yang melakukan. sementara KAMASE MASE menganggap Hati saja yang
menentukan, Raga tidak usah dilibatkan karena itu sifatnya kasar dan akan
membuat kita bersifat sombong dan senang di puji.pertentangan ini kian memanas
hingga pada suatu hari terjadilah adu fisik.Hal ini membuat Raja Langit (
BATARA ) turun tangan untuk mendamaikan ke dua anaknya. Namun tidak ada
penyelesaian sehingga raja langit marah dan mengutuk mereka ke BUMI.mereka
tidak akan bisa kembali ke langit kalau makna dari pertentangan itu belum ada
penyelesaiannya. Sebelum turun ke bumi mereka dibekali ilmu sebagai bekal dan I
Toa meminta agar istrinya di bawah serta.Karena Istri Itoa adalah puteri
Kerajaan Bawah Tanah maka dia muncul dari bawah Tanah.
Setelah I Toa dan Kamase-Mase mendapatkan makna dari pertentangan mereka
akhirnya Raja langit mengangkat mereka kembali ke dunia langit.Konon I Toa
Buru’ne,Istrinya dan saudaranya ( Kamase mase )
Kemudian Lenyap ( Mallayang ).Tampuk pemerintahan diserahkan kepada
anaknya dengan gelar yang sama.( I TOA )
Jejak mallayang dari Itoa buru’ne di ikuti hingga turunan ke 7 nya....saat
turunan ke 8 nya meninggal dunia dia tidak mallayang..... para panrita dan
sanro melakukan semedi minta petunjuk.....maka turunlah wangsit agar dikuburkan
di liang batu,karena Jika di kuburkan di tanah maka raja langit marah dan jika
di kuburkan di langit maka raja tanah akan marah.....hal ini berlangsung cukup
lama hingga pemerintahan SAMPARAJA DAENG MALAJA......Dalam lontara pattiroang
tidak di sebutkan turunan ke berapa SAMPARAJA
DAENG MALAJA,disana hanya tertulis : tamma
tappu tamma ni pau.... Pattin roang
sannang ri liang batu ni gaukang ngi ri empoang mallayang na I toa .... tala ku
pahua ri pasang ma’nassa’na mat tinro a ri liang batu...iya ji ku pa’nassa i na pam’bu a’ ki Samparaja daeng Malaja (
artinya : amat banyak dan tidak mampu disebutkan satu persatu Kuburan di liang
batu untuk turunan Itoa....hingga yang
terakhir Samparaja Daeng Malaja ).
Ada 3 hal yang dicatat dan merupakan
kesimpulan dari penulis tentang
Samparaja Daeng Malaja yaitu :
1.
Beliaulah raja
Tiro yang pertama disebutkan/di tulis Namanya dalam Lontara pattiroang
2.
Beliaulah raja
tiro yang pertama memakai gelar karaeng.
3.
Beliau Raja tiro terakhir yang di kubur di
liang batu.
Selanjutnya Lontara Pattiroang
Memuat ( nakke batara tana ya ......ku
sare ko kasannangngang beru....ka to langi a’pikatu ri empoang mallayangang na
i toa,ku sare ko tana pattinroang majannang nu....ri tana bonto kila’......ku
era ri katallassang na ma’lino nu..palemba i mange ri empoang tinro nu ......a
cidong ko ri tinro jannang nu nanu tiro tamparang tamma’laj jua pa’mai) artinya
Saya Dewa tanah....memberikan izin kepada kalian untuk menguburkan di dalam
tanah kepada siapapun yang meninggal....karena raja langit telah
menyetujuinya....kuburkanlah diatas bukit kilat bersama barang-barang atau
harta kekayaanmu di dunia...agar kau tenang di kuburmu....duduklah saat di
kuburkan sehingga kau mampu melihat indahnya laut biru tanpa jenuh )
Tidak disebutkan Berapa turunan Itoa memerintah Di Kerajaan Tiro hingga masa
Pemerintahan Samparaja Daeng Malaja Karaeng Sapo Batu.Pada masa
Pemerintahan Samparaja Daeng Malaja , Maka gelar I Toa
di rubah menjadi Karaeng. Ada dua
pendapat yang menyebabkan Penggatian gelar ini yaitu :
1. Tiro telah menjadi kerajaan taklukan dari Kerajaan Gowa.
2. Hasil Pertemuan/ Rapat Raja-Raja di
Sul-Sel Di Kerajaan
Gowa untuk pemberian / pemakain gelar
Raja di Sulawesi Selatan di mana Tiro mendapat ( 2 ) dua gelar yaitu
Karaeng dan Daeng.maka I TOA berubah menjadi Karaeng.
Demikianlah asal muasal
nama Tiro. dari sana lahirlah pesan dari I TOA di antaranya :
1.
TIRO dan Kajang bersaudara
dan tidak bisa di pisahkan,siapa saja orang tiro atau kajang yang
melanggar amanah ini maka Laknat dia dapatkan.
2.
Tiro tidak boleh meluaskan wilayah
kekuasaannya karena kekuasaan yang utama adalah menguasai diri sendiri ( Hati yang Lapang ).
3.
Jika Tiro susah/senang maka Kajang akan
merasakan begitupun sebaliknya.
4. Batu Ganrang harus di
bungkus kain….. kain warna putih yang menghadap ke tiro dan kain yang
berwarna
hitam yang menghadap ke Kajang.
( Di Terjemahkan Dari Lontara Pattiroang yang di pegang oleh bapak Andi
Bangung DM pada tanggal 12-8-1991 )
TIRO DI TAKLUKKAN KERAJAAN GOWA
Saat
Pemerintahan Karaeng Tumapa’risi kallonna bertahta di Kerajaan Gowa,Beliau
melakukan Ekspansi kebeberapa Kerajaan. Tiro yang merupakan Kerajaan Kecil
tidak luput dari Ekspansi tersebut.
Tiro
menjadi Kerajaan Palili dari Kerajaan Gowa,Karena Tiro di bawah kekuasaan Gowa
maka tatanan Gelar dan tata pemerintahan di rubah. Gowa memerintahkan agar Tiro
menghapus beberapa gelar seperti I Toa dirubah jadi Karaeng,Barumbung dirubah
menjadi Lompo atau Gallarrang serta
Memakai Karbica ( Karaeng Pa’bicara ) atau Juru Bicara Raja.Serta pemakaian
gelar Daeng di belakang Nama Sebagai Nama panggilan.
Atas
Perintah tersebut Maka I Toa Samparaja berubah menjadi Karaeng Samparaja Daeng
Malaja.
I Dongko Daeng I Rate Karaeng Tiro.
Dongko
Daeng I Rate adalah Salah satu Raja Tiro yang sangat kontropersial karena
urutan pemerintahannya beberapa versi ada yang katakan ke 2 ada yang katakan ke
3 dan ada juga yang katakan ke 4.Urutan pemerintahan Dongko saya tidak
permasalahkan namun di masa pemerintahannyalah Tiro tidak membayar Upeti dan
Melantik Karaeng atau Rajanya sendiri.
Hal
ini terjadi Saat I Dongko Daeng I Rate melamar seorang perempuan dalam
lingkungan kekerabatan Sombaya di Gowa.Saat orang yang di utus oleh Dongko
sampai di Sombaya di Gowa,Utusan tersebut
di suruh kembali karena Sombaya ingin Dongko yang menghadap.Beberapa hari
kemudian berangkatlah Dongko menghadap ke Sombaya,Saat sampai di hadapan
Sombaya beliau menyampaikan maksudnya melamar seorang Perempuan. Sombaya
menerima lamaran Dongko dengan 2 Syarat yaitu tidak jadi Karaeng lagi di Tiro
dan tidak boleh kawin lagi.Dongko lalu meminta kebijaksanaan Sombaya bahwa dia
tidak jadi Karaeng di Tiro tapi Tiro tidak bayar Upeti,karena tiro hanya
kerajaan kecil yang upetinya tidak seberapa.selanjutnya Dongko tidak akan kawin
lagi tapi Tiro melantik Karaengnya sendiri tanpa harus ada persetujuan dari
Gowa,hanya utusan yang akan menyampaikan ke Sombaya di Gowa bahwa Karaeng Tiro telah di ganti .
Akhirnya
Sombaya di Gowa sepakat dengan I Dongko Daeng I Rate.Kontropersi tentang
Idongko bukan hanya masalah urutan,tapi ada beberapa orang yang mengatakan
bahwa Dongko bukan asli Orang Tiro tapi beliau adalah Orang Gowa yang di
dudukkan untuk jadi Karaeng di Tiro. Hingga di beri Nama Dongko ( Di Dudukkan )
I Rate ( di atas ) Karaeng Tiro ( Raja Tiro ). Tapi dari catatan lontara
Pattiroang beliau adalah Orang Tiro atau turunan dari Karaeng Tiro.
TIRO SAAT DAN SETELAH AGAMA ISLAM
Seiring
berjalannya waktu maka tata pemerintahan di Tiro silih berganti dengan kisahnya
masing-masing.Saat pemerintahan Launru Daeng Biasa maka Maula Abdul Jawad
Khatib Bungsu yang di beri gelar Dato ri
Tiro menginjakkan kakinya di Tiro.
Launru
Daeng Biasa adalah Karaeng ke 8 di Tiro. Jarang yang tahu dimana tempat
pastinya Launru Daeng Biasa di Islamkan,namun dalam catatan Lontara Pattiroang Beliau di Islamkan Oleh
Khatib Bungsu , di sumur Zalsabilah wal
jabillah alkautzar dengan duduk diatas batu.Sumur Zalsabilah ini lebih di kenal
BUHUNG LA’BUA ( Sumur Panjang ) mirip sungai kecil.Saat upacara pengislaman
beliau di mandi oleh khatib bungsu lalu di suruh untuk mengucapkan
syahadat......Saat pengucapan syahadat inilah batin beliau di cuci sehingga
beliau menggigil yang akhirnya menjadi gelar buat beliau yaitu Karaeng Ambibi a
( Raja Yang Menggigil ). Setelah Pengislaman Launru Daeng Biasa,maka rakyat Tiro
secara resmi menganut Agama Islam.
Saat
Agama Islam di anut oleh masyarakat Tiro maka di bentuklah struktur
pemerintahan baru di mana Dato Ri Tiro menjadi penasehat Raja.Setelah Dato ri
Tiro tiada maka diangkatlah Karaeng A’Janggo a sebagai Puang Kali ( Kadi )
dimana bertugas mengurusi masalah keagamaan dan penasehat Karaeng.bukan hanya itu
Upacara yang dianggap tidak sesuai ajaran Islam di tiadakan atau
diganti.....diantaranya : Acara Pelantikan Karaeng dengan membakar Kerbau hidup
( a’rambu tedong ) diganti dengan menyembelih Kerbau tersebut.Babi di haramkan
dan Palaharrang bahia di larang,sebagai gantinya Air yang akan di percikkan di
bibit tanaman di doakan oleh khatib bungsu. Minta hujan di Possi tanaya di
ganti dengan shalat minta hujan dan sebagainya.Namun masih ada juga Masyarakat
yang bertahan dengan tradisi lama yang tidak sesuai dengan syariat Islam.
Khatib
Bungsu membawa Islam ke Tiro karena ajaran atau faham orang Tiro mirip dengan
ajaran Khatib Bungsu yaitu kebatinan alias tasawuf.Ajaran yang dianut oleh
orang Tiro berpegang pada pengenalan diri dan Tuhan. tau lino
ri lino tamma lino adalah dasar ajaran orang-orang tiro.ajaran ini akan di bahas oleh editor lain kali.
TIRO SETELAH PERANG GOWA DAN BONE.
Dampak
dari Perang Gowa dan Bone mempunyai dampak langsung atau tidak langsung,hal ini
Tidak bisa di pungkiri mempengaruhi tatanan hidup dan pola berpikir masyarakat
di Daerah Sulawesi Selatan.Setelah
Perjanjian Bungaya maka Tiro diserahkan ke Kerajaan Bone.
Kerajaan
Bone menambah struktur dalam tata pemerintahan yaitu Sulewatang dan Kapala.Berapa
Kampung dalam wilayah Tiro memakai gelar Kapala.namun ada juga yang tetap
bertahan dengan gelar Lama seperti Gallarrang dan Lompo.Tiro beruntung karena
tidak membayar lagi upeti/Pajak ke Bone karena adanya hubungan darah dimana
Karaeng Tiro yang memerintah saat itu adalah turunan dari Bone dalam hal ini
Kakeknya orang Tiro dan Ibunya Turunan Mangka u di Bone.
PASANG KAKARAENGANG
ALLO TAMMA BINYARA
BANGNGI TAMMA SASSANG
KALOMPOANG TAMMA NASSA…..KAKARAENGANG TAMMA BAI RI
BARUMBUNG
POSSI TANAYA MAK KU TA’NANG…..BATU KALOMPOANG A’PARAU
RI KALA’BIRANG…..
PALANGKA NI SALAI RI KAPOREAN NA…..
RU’RU SU BANNANG
KA JOJANG ……..RI CAPPA BICARA…
NI TARO MI KALOMPOANGNGA RI TIRO….NI PALIMBANG RI TAU
MANASSA NA TIRO….
NI PASIA MA MI ERE KALIBBAIRANG NGA RI TIRO….
NI PA’ NASSA MI KARAENG NGA RI DEPPOANG BATU
KALOMPOANG…
.
SIKALI JI AM BUA….SAMA TURU NI PAU….
SI KALI JI AS SA’ RA….SAMA TURU NI GAU KANG…
SI KALI JI A’LINGKA…..SAMA TURU NI LAPA’ KI BALE NA
KARAENG …..TAU MAKKARAENG…
KARAENG……TAU MA ATA
KARAENG……KALOMPOANG RI TIRO.
ARUNA TUJO2 NA POSSI TANA . ( DI UCAPKAN SAAT PELANTIKAN KARAENG ATAU RAJA TIRO )
TABE…..KARAENG…
AMMENTENG
NGA RI DALLE KANTA…..KA PAM MENTENGANG RI TOJENG…
AM
MINAHANG NGA RI PAU PAUN TA….
A’PI TAU
A RI KALENTA….
I NAKKE
MINNI TUJO-TUJO NA POSSI TANA’NA TIRO
TAMMA
NGU’ RA NGI LINO……..AL LING KAI MATE
PUNNA KI
PI TAU I ATAN TA….PUNNA KI PA’NASSA
KALOMPOANG TA…..KI MAPPI KATU RI
KALAMBUSANG……I NAKKE LAN SELANGI SIRI’ TA…..
TABE KARAENG
KI
CIDONGI BATU KALABBIRANG NA KALOMPOANG
KI
PADONG KO KABAJIKANG RI ULUNTA
PUNNA KI
JAP PU I POSSI TANA YA…..KI POTO’ I PASANG NA I PUANG TOA BURU’NE RI TIRO …..
KI PA’
SE’RE RI PANG GAUKANG ………I NAI A’SA’SA LI KA KARAENGAN TA….I NAKKE LA PA SI
AMA’ I BUTTA LAMBU-LAMBU ANG
INAK KE
MINNI KARAENG…..ATAN TA RI DASERE BU’BU KANG NGA
KU
PASANG KALENG KU…..KU SAHUNG NYAHAKU…..KU BICARA LALANG BABA
TA…….KU GIO RI PAMMULA PAUN TA.
KARAENG MA LOMPOA……KI PAM MO’ PORANG NGA……
KI
PA’LU’MU’ ATIN TA…..KI PI NA’NA’ RI TOLI ALUSU’ TA
PAU-PAUNGKU
……KU PA’NASSAI RI PANG GAUKANG
PAU-PAU
IYA MINTU SIRI’KU……
PUN NA
TANG KU CIDONGI PAUNG KU……PUNNA TANGKU PA’ NASSAI GAU’KU….PUNNA BADIK KU A’ KANRE BOKO……….
TALA
TALLASA A RI PUNTANA……TALA NYAHA A’ RI ANGING……TALIA LINO PA’ LINOANG KU.
OH…..KARENG….SIKALI
KI KARAENG…..TARRUSU KI KARAENG….
PUNNA
ATAN TA JI KI KARAENGI NA TALA KARAENG NGI KALENTA
PUNNA
PASANG KODI TA JI MAN JARI TALA KI
RA’PUNG PASANG KA KARAENGANG NGA RI TIRO…
PUNNA
DAKKA’ TANSI RUP PAN TA ATAN TA JI SANG NGING
AN NABA…..
INAKKE
ATA LA PI KARAENGI KI RI POKE
PALADANG….AMPI BOMBOKI KI
BADIK TAN NA KANRE ASANG……..KU
PA’ JARI ATA’ KI RI KALOM POANTA….
TUJO-TUJO A ADALAH PASUKAN BERANI MATI YANG MEMBELA
KEBENARAN………
ARU TUK MENJEMPUT TAMU……
TABE KI PAMMOPPORANG NGA…….
KI PADAKKA BANG KENTA….
KI PA LISA’ CINNA TA
KI PA’NAS SA PANG NGITT TE’ TA
KU LABBIRI KI RI NYAHA MA’ LINO NA TAMMA LINOKU…
KU PALA’ ALOMPO
I DALLE’ TA…
KU SULENG KA RI DALLE KANTA
A’ PIKATU RI PAMMEN TENGAN …
NA TARIMA KI BUTTA TIRO
NA KALA’BIRI KI ,,,,,,,PATTIROANG
KU SAREKI KATALLASANG ( DI TABURI BERAS )
KU PADONGKO KI LABBIRI
TAMMA’TAPPU….( DI KALUNGKAN SARUNG )
Masih ada kurangnya ini Editor !! Harusnya ini sudah jadi satu buku Pertama, menyusul Revisi2nya. Dan Harusnya jg sdh jadi satu Naskah Pementasan.
BalasHapuskasi jadi buku saku dulue..
HapusTapi perbaiki dl susunan kalimatnya..
Nur habibi rifai,,, bobikan saya rahman. domeng. sepupunya arlim. ucci
HapusSengajanjjo ni patiling songkokkaaa
BalasHapusGitte inni deng pika' kah?
BalasHapusDeh... saya kira sejarahnya SMP tiro, dari zamannya mulai pak Karsali, pak Patola, sampai sekarang... haha
BalasHapusItu karaeng dri langit sma istrinya dri tanah, mreka itu sejenis mahluk apakah??
BalasHapusSumur di erelebu nya kagak masuk 😂
BalasHapusbagus di seminar kan, dan menjadi bahan referensi bagi desa2 untuk mwnggali dan membuat sejarah desa yang ada di Bontotiro
BalasHapusAyo.....mi
bagus di seminar kan, dan menjadi bahan referensi bagi desa2 untuk mwnggali dan membuat sejarah desa yang ada di Bontotiro
BalasHapusAyo.....mi
Tabe' ampunna Gallarrang Baraila battu ri Batang
BalasHapus