Profil Sekolah

1. Nama Sekolah : SMP Negeri 29 Bulukumba ( SMPN 1 Bontotiro)

2. NPSN : 403042078

3. NSS : 201191106003

4.Akreditasi : A ( 24 Desember 2013)

5. Alamat : Jln. Pendidikan No.15 Hila-Hila

Kecamatan Bontotiro

Kabupaten Bulukumba

No.Telp.. (0413)2588735

6. Koordinat : Longitude : Latitude

7. Nama yayasan (bagi Siswa :

8. Nama Kepala Sekolah : Dra.Megawati, M.Si.

No.Telp/HP : 085299643738

9. Kategori Sekolah : SSN

10. Tahun Beroperasi : 1962

11. Kepemilikan Tanah Bangunan : Milik Pemerintah

a. Luas Tanah / Status : 4.603 m 2

12. No. Rekening Rutin Sekolah : 0253- 01-023331-50 - 2

Pemegang rekening : Penye. UN Nasional SMP Negeri 1 Bontotiro

Nama Bank : BRI

Cabang : Bulukumba

Jumat, 06 November 2015

LAMBANG SMPN 29 BULUKUMBA



ARTI KIASAN LAMBANG
1.    Lambang utama di mana bagian atas berbentuk kubah mesjid mengkiaskan Sejarah masuknya Islam di Bulukumba pada khususnya dan Sul-Sel pada umumnya yang di lakukan oleh 3 orang mubaliq dimana salah satunya ada di Bontotiro yaitu  Dato Ri Tiro. 5  ( lima ) sudut lambang utama  berarti falsafah dari ajaran yang di bawa oleh Dato Ri Tiro dengan 4 sudut bagian dasar berarti dasar kehidupan terdiri atas empat unsur  yaitu tanah, air,angin dan api….1 sudut paling atas berarti  manusia  akan mampu mengurai dengan Ilmu dan jika Manusia telah mampu mengurainya maka dia  mendapatkan jati diri kesempurnaan dan mengenal akan Sang Pencipta. Garis warna merah adalah semangat untuk meraih kesempurnaan

2.   Bintang 5  ( lima ) dalam lambang utama berarti 5 Sila dalam Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. dasar warna kuning atau emas berarti Kebijaksanaan.

3. Lambang Tut Wuri Handayani dengan warna putih mengkiaskan Ilmu itu suci

4.   Pena yang berdiri tegak dari atas ke bawah berarti ilmu berasal dari Allah yang di sampaikan lewat manusia lain dalam hal ini guru,sedangkan buku yang terbuka berarti Siswa menerima dan menampung Ilmu lewat tetesan tinta pena….Alas Buku berarti ilmu akan abadi jika Siswa mempunyai dasar etika yang baik dengan  menghormati Guru dan semua Ciptaan Allah SWT.

5.    Bunga,Buah dan Daun Jagung  berarti untuk meraih Sesuatu butuh proses begitupun cita-cita sekaligus Salah Satu hasil pertanian dari tempat Sekolah ini ( Kec.Bontotiro ) …Bulir-Bulir Padi yang menguning berarti Setiap usaha akan di nikmati saat kita berhasil meraihnya…jumlah Bunga,buah dan daun jagung 19 sedangkan bulir padi 62, jika di gabungkan akan menjadi 1962 yang berarti tahun berdirinya sekolah ini. 
       
6.   Pita dengan tulisan SMP NEGERI adalah nama sekolah  Menengah Pertama Negeri 29  dan.Warna Lambang utama adalah biru sesuai warna pakaian SMP,warna Dasar Kuning berarti kebijaksaanaan bagi orang-orang yang Berilmu.

7.   Lingkaran di sekeliling Lambang Utama dengan tulisan HARTA YANG TIDAK HABIS DI BAGI ADALAH ILMU merupakan petuah/ pesan intisari  Ilmu Tazawuf  Dato Ri Tiro  …..Bintang dengan 5 (lima) sudut pada sisi kiri adalah jumlah Rukun Islam dan Bintang 5 (lima) Sudut pada sisi kanan adalah 5 ( lima )  Pesan Dato Ri Tiro ) yang dilakukan untuk selamat di dunia dan akhirat  yaitu :
1.  Hojai nu tala rie’ a na  tala nu us se a , na punna nu uppa Iyareka nu usse mi, nanroi ri tampa’ na ( tuntutlah ilmu,jika kau sudah tahu/pintar maka pergunakanlah sebaik-baiknya )
2.  Pangngissengan pa …… la’kulle angisse i …… nai ata  na ina i Karaeng ( Hanya orang yang berilmu/pintar yang mampu mengenal dirinya dan penciptanya  ) ,
3. Kalumannyang pangissengang ko, ri tallasa’nu…….na  Karaengko ri ri Ahere ( ketenangan di dunia adalah dengan Ilmu dan keselamatan di akhirat adalah dengan Ilmu ),
4. Pangngissengan  pa lampa antang ngi, ri ati na tubuna…….sambayang  ta tappu a…. na  Je’ne ta luka ya   ( Orang yang berilmu/pintar saat melakukan shalat tepat pada waktunya  serta mampu  menampakkan arti shalat yang sebenarnya dalam kehidupan nyata lewat ucapan yang halus,tindakan yang sopan serta menjaga kebersihan batin dan raga  )
 5. Anggerako lalang ati punna tala parallu I ……na appa u ko ri kalengnu  punna a’rako  ( Zikirlah setiap saat serta Rajin Membaca Al-Quran, dan saat kamu butuh berusahalah dan berdoa ).
 
8. Tulisan Kabupaten Bulukumba  Merupakan nama kabupaten tempat sekolah ini.

2 komentar:

  1. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    saya alumni smp n 1 bontotiro yang sekarang berganti nama menjadi smpn 29 bulukumba.. saya lulusan tahun 2006 .. saya hanya ingin menyampaikan kepada keluarga besar smpn 29 bulukumba bahwa saya menyediakan jasa sablon baju kaos Murah Berkualitas..

    #Gratis biaya desain
    #Minimal order 3 lembar

    invite 5981D7FA atau hubungi nmr saya 085146118721(sms only)

    terima kasih.. jayalah selalu Smpn 29 BULUKUMBA

    BalasHapus